Jumat, 21 Agustus 2009

Marhaban Ya Ramadhan


http://f4iqun.files.wordpress.com/2007/09/ramadhan.jpg

Allahu Akbar sungguh Allah SWT telah memberikan kita kesempatan lagi untuk bertemu dengan bulan penuh keagungan mengapa tidak, Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih, tidur kita menjadi ibadah, amal kita diterima dan do'a kita di ijabah.

Para Saudaraku bulan Ramadhan besok telah temui, marilah kita siapkan untuk menyambungnya, seperti apa :

1. Persiapan Nafsiyah Yaitu persiapkan hati kita untuk bergembira karena kan berjumpa dengan bulan yang penuh rahmat karena di situ ada hari-hari yang sangat mustajab. Maka perlu persiapan untuk menyambut seperti kita latihan puasa, ibadah sunah, bangun ditengah malam di bulan lain.

2. Persiapan Tsaqafiyah. Persiapan ini berupa keilmuan dimana kita melaksanakan puasa itu harus tahu aturan/tatanan(figh, sehingga dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dapat sempurna dan akhirnya menjadi orang yang taqwa

3. Persiapan Jasadiyah, persiapan ini bisa berupa kesehatan badan sehingga dalam mejalankan kewajiban dan sunah-sunah di bulan Romadhan dapat dilaksanakan

4. Persiapan Maliyah dan Keluarga kita
Persiapan Maliyah ini berupa persiapan harta/keuangan/anggaran, hal ini bukan untuk belanja barang baru untuk menyambut hari raya melainkan untuk infak, shodaqoh, dan terutama untuk zakat fitra. Sedangkan keluarga kita dipersiapkan untuk berpuasa semua bagi yang sudah berakal baliq dan yang anak-anak kita kenalkan dan dilatih sehingga mengenal bulan Romadhan. Bagi yang sudah tua atau yang sakit sehingga tidak mampu melaksanakan puasanya maka mengeluarkan fidiyahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar